March 25, 2020

173 words 1 min read

Updating Hugo Workflow

Updating Hugo Workflow

Setelah utak-atik dan optimasi, workflow deployment Telematika.ORG diubah lagi. Konten kumpulan repositori dipindah menjadi subdomain tersendiri dengan direktori publik terpisah. Secara sistem, ini menjadi dua presensi web yang berbeda. Untuk proses updating dilakukan sekuensial, atau hanya satu presensi web untuk satu waktu. Arsitektur ini mestinya lebih skalabel untuk pengembangan konten di masa depan.

Diagram sistemnya ditunjukan gambar di atas. Metode yang digunakan adalah metode rendering lokal, seperti dibahas di tulisan ini. Bedanya, disini digunakan dua sumber lokal dan dua tujuan remote, walaupun tetap dijalankan sekuensial.

Untuk penulisan dan manjemen konten dilakukan via Jupyter Lab / Notebook, termasuk penulisan konten markdown dan beberapa script untuk mempermudah penulisan front-matter dan perpindahan berkas.

Setelah itu diproses dengan Hugo. Ini sengaja diluar script deployment, untuk keperluan render temporer atau karena seringkali ingin melihat hasil rendering secara lokal terlebih dulu. Dan karena menggunakan common folder, pemanggilan Hugo dilakukan dengan opsi --cleanDestinationDir supaya tidak berbaur atau terjadi konflik.

Terakhir, dilakukan proses deploy seperti yang dijelaskan dalam tulisan sebelumnya.

Keterangan:

comments powered by Disqus